Rabu, 23 September 2015

Menulis

sumber : grammarly.com

Aku mulai suka menulis semenjak aku sadar bahwa memori kadang mudah melupakan suatu kejadian, dan aku juga pernah mendengar bahwa Syaidina Ali berkata ; cara mengikat ilmu adalah dengan menuliskannya. Ilmu yang kutangkap di sini bukanlah hanya terpaku pada pelajaran yang diajarkan secara formal seperti sekolah, kampus, les privat dan sebagainya. Tapi kejadian sehari-hari pun juga disebut ilmu. karena darinya, kita bisa mempelajari sesuatu.

Juga, seperti deskripsi laman blog-ku ini, "karena menulis adalah proyek keabadian, maka menulislah" Menulislah, maka ketika kamu meninggalkan dunia ini, ada sesuatu yang kamu wariskan. Menulislah, maka kenanganmu akan abadi, akan hidup selalu membersamaimu, akan selalu menjadi pengingat di kala dirimu membutuhkan.

Aku baru saja memperbaharui "label" ditampilan blog-ku ini. Jika kamu seseorang yang rajin membuka blog-ku via komputer/laptop, maka kamu akan menemukan tab labels di kiri bawah, yang sekarang hanya menyisakan 3 label ; cerita, tulisan, dan #cerpen

Tak ada tujuan apa-apa selain ingin mengelompokkan tulisan disini menjadi sesuatu yang berpola, karena susah untukku membuat tulisan di blog ini menjadi mempunyai tema, semisal Raditya Dika yang konsisten dengan cerita-cerita kejadian sehari-hari yang lucu dan humoris pada website-nya. atau Kurniawan Gunadi dengan postingan tumblr yang melankoli, konsisten berisi prosa dan cerita pendek yang bisa membuat dirimu berdehem panjang karena meleleh membacanya.
Karena seperti tadi, Aku hanya ingin mempunyai proyek keabadian, maka apapun yang berkesan akan kuceritakan di sini, kuharap dengan mengelompokkannya menjadi 3 label besar mungkin akan membuat tampilannya menjadi "sedikit" bertema, ^.^

Cerita...
berisi kejadian sehari-hari yang Aku alami. Baik yang haru, bahagia, membuat marah, kecewa dan sedih, banyak berisi curahan hati yang kutuliskan tanpa kata kiasan yang bisa menimbulkan ambiguitas bagi yang membaca.

Tulisan...
juga berisi curahan hati, namun bedanya, ini aku tuliskan dengan kata-kata bernada, berpola dan sedikit banyak menimbulkan banyak asumsi dan persepsi bagi yang membaca. Aku senang bermain kata, dan ketika selintas kata terlintas di pikiran. Maka segera Aku jabarkan menjadi suatu tulisan yang berima. Prosa, puisi, sajak.

#Cerpen...
Salah satu keinginanku adalah bisa menuliskan cerpen, cerita pendek, yang berisikan pemain dan memuat percakapan-percakapan sederhana antar tokohnya. Aku belum bisa sekonsisten itu untuk membuat satu cerpen yang utuh. Masih lebih suka menulis tulisan-tulisan seperti pada label "tulisan", tulisan lepas, bebas, yang jika hanya ku tulis satu paragraf pun tak menjadi masalah.
Maka doakan ya, semoga bisa istiqomah untuk mulai belajar menulis cerpen, hehe

Sekian pengumuman kecil di blog ini.
Aku percaya bukan Aku saja yang membacanya, hehe
Sudah kadung senang ketika ada teman yang menjapri-ku atau berbicara langsung padaku, dan berkata bahwa ia baru saja membaca tulisan di blogku.
Percayalah, tak ada yang lebih membahagiakan bagi seseorang yang suka menulis, dibanding menemukan orang yang menyukai tulisannya.

Salam dan terimakasih,
Atika
23 September 2015

0 komentar:

Posting Komentar